Kamis, 20 Maret 2014

Cari tripod baru buat travel / jalan-jalan

Cari tripod baru buat travel / jalan-jalan

Baru-baru ini, saya mencari tripod travel untuk dibawa jalan-jalan. Baik bersama family maupun tour fotografi dengan teman-teman lainnya. Sebenarnya saya sudah punya tiga tripod. Yang pertama adalah Induro adventure tripod kit yang saya beli sekitar 6 tahun lalu sekitar 1 jutaan. Tripod berbahan alumunium ini sudah sering macet. Kapasitas maksimumnya juga hanya 4 kg, jadi hanya cukup untuk kamera DSLR pemula dengan lensa yang tidak terlalu panjang/telefoto.


Manfrotto 055XPROBTripod saya satunya lagi adalah Manfrotto 055XPROB (maksimum 7 kg, berat tripod 2.4 g, tinggi maksimum 178.5 cm) dengan kepala tripod Manfrotto 498RC2 yang beratnya 0.61 kg dan tingginya 12.5 cm. Dengan kombinasi tripod dan ballhead ini sebenarnya sudah cukup mencukupi untuk berbagai fotografi, hanya saja berat dan ukurannya yang gak tahan yaitu mencapai 3 kg. Karenanya, tripod ini cocoknya di dalam studio.
Tripod Excell PromossSaat saya membeli kamera Canon 650D beberapa saat lalu untuk kebutuhan kelas kupas tuntas kamera DSLR Canon, saya mendapat bonus tripod EXCELL Promoss yang cukup ringan dan ringkas. Beratnya sekitar 0.75 kg sudah dengan kepala tripod fluid head yang tidak bisa dilepas. Sayangnya tripod ini agak ringkih. Mungkin bisa menahan sekitar 1-2 kg saja. Cocoknya untuk kamera kecil atau camcorder.
Karena beberapa tour fotografi didepan mata (Medan, Kamboja), termasuk jalan liburan lebaran bersama keluarga, saya mulai mencari tripod baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan saya.
Kriteria tripod yang saya cari adalah sebagai berikut:
  • Berat: Cukup ringan untuk travel, tidak lebih berat dari 1.5 kg (tripod+kepalanya)
  • Kestabilan: Cukup untuk menahan berat setidaknya 4 kg (kamera, lensa telefoto dan lampu kilat)
  • Ukuran/tinggi: Ukuran saat tidak digunakan tidak terlalu panjang, kalau bisa dibawah 50 cm sehingga mudah dimasukkan ke tas ransel
  • Harga: Tidak terlalu mahal (tidak semahal kamera DSLR baru hehe)
Dari ketiga kriteria kunci diatas, akhirnya saya menemukan TripodBenro C0681T dengan kepala tripod B00 sesuai. Tripod ringkas ini terbuat dari 8 lapis carbon fiber yang kokoh, tahan lama dan sekitar 20-30% lebih ringan dari tripod berbahan logam besi/magnesium/alumunium. Harga tripod berbahan carbon fiber ini agak tinggi, tapi masih wajar mengingat kualitas dan beratnya yang ringan.
Benro tripod C0681TB00
Spesifikasi paket tripod Benro C0681TBOO
  • Beban maksimum 6 kg
  • Panjang saat dilipat: 44.5 cm
  • Tinggi maksimum: 155 + 8.4 (ballhead) cm
  • Tinggi maksimum tanpa meninggilkan kolom tengah: 127+8.4 cm
  • Seksi kaki: 4
  • Harga tripod Benro carbon fiber C0681T (Travel Angel): Rp. 3.4 juta
Fitur lain
  • Monopod: Salah satu kaki tripod bisa dilepaskan kemudian disambungkan dengan ballhead sehingga menjadi monopod. Tapi fitur ini sepertinya cuma tambahan yang jarang saya gunakan, pasalnya, tinggi maksimum monopod hanya sekitar 1.36 meter saja, tidak sepadan dengan tinggi saya 173 cm.
  • Kaki tripod bisa dilipat ke atas, sehingga panjang total tripod tidak lebih dari 50 cm. Fitur ini sangat menghemat tempat dan sekaligus melindungi kepala tripod.
  • Twist & Lock:  Membuka dan menyimpan kaki tripod mudah dan cepat, tinggal putar dan tarik.
  • Tas tripod yang dipaketkan cukup berkualitas dan tebal. Didalamnya ada kantong kecil untuk menyimpan kunci untuk mengunci tripod dan menukar kaki tripod. Kalau beli sendiri kurang lebih 200 ribuan.
  • Spiked head: Tersedia tiga spiked head untuk menancapkan tripod di tanah.
  • Ballhead bertipe Arca Swiss yang aman dan tahan lama. Cara mengunci tripod mudah yaitu dengan memutar kenop searah jarum jam. Melepasnya juga sama, tinggal memutar kenop berlawanan dengan arah jarum jam
  • Ada waterpass di kepala tripod untuk memudahkan mensejajarkan kamera dengan horizon
  • Ballhead ada kenop untuk panorama panning.
  • Kolom tengah punya kaitan untuk menyeimbangkan dan memantapkan tripod. Kita bisa mengkaitkan tas kita disana.
Satu-satunya yang menyebalkan adalah untuk mengunci quick release plate ke tripod, perlu alat tambahan atau koin. Karena tidak ada kuping-nya.
Contoh gambar sebelah kanan: Plate penghubung tripod ke kamera membutuhkan kunci L / koin Rp 1000 untuk mengeratkan atau melonggarkan.
Secara keseluruhan, tripod ini pas dengan kebutuhan saya untuk travel photography. Cukup tinggi, tidak berat dan besar (bisa masuk ransel fotografi saya), bisa menahan beban kamera & lensa yang saya gunakan sekarang.
Update: Mengunakan kamera Nikon D600 dan lensa 16-35mm atau 70mm, tripod ini tetap steady untuk memotret aliran air di sungai selama 6 detik. Hasil foto tajam.
Rekomendasi: Cocok untuk pengguna kamera DSLR menengah-canggih dan lensa zoom sampai 135mm. Bisa dipasang dengan lensa telefoto 70-200mm f/2.8 tapi tidak begitu steady.
Bagi yang memiliki kamera DSLR canggih/pro dan telefoto zoom 70-200mm f/2.8 saya sarankan Tripod C1680TB0 yang kapasitasnya 8 kg dengan kaki yang lebih besar. Berat total tripod dan kepalanya 1.65 kg
Sekian semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar