Minggu, 20 April 2014

Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia 2014


Pemain sepak bola Termahal Di Dunia

Situs sepakbola dunia Goal.com baru-baru ini merilis10 Daftar Pemain Sepak Bola Terkaya Dunia dalam The Goal Rich List 2014. Perhitungan kekayaan para pemain tersebut berdasarkan pada gaji pemain, lamanya durasi kontrak, jumlah bonus dan pendapatan dari luar lapangan seperti menjadi bintang iklan sebuah produk. Berikut 10 Daftar Pemain Sepak Bola Terkaya Dunia. 

10.Thierry Henry
Karier cemerlang Thierry Henry telah membawanya dalam pencapaian gelar Piala Dunia, Liga Champions, Liga Primer Inggris, dan tentunya La Liga Spanyol.

Namun, penyerang Prancis yang kini menginjak usia 36 tahun itu tak hanya sukses di lapangan hijau. Ia juga sukses mencetak penghasilan berlebih dengan ketenarannya, melalui menjadi pengusung banyak merek besar sekelas Nike, Renauld, dan Gillette.

Henry pindah dari Arsenal ke Barcelona pada 2007 dengan nilai transfer €20 juta, menandatangani kontrak empat tahun bersama raksasa Catalan dan digaji €5,6 juta per musim.

Topskor Prancis sepanjang masa ini pun sempat mengungguli David Beckham sebagai pemain yang dibayar termahal di MLS saat ia bergabung dengan New York Red Bulls 2010 lalu.

Walau gaji pokoknya turun menjadi €2,7 juta, tapi dengan adanya bonus-bonus lain Henry masih mengantongi kisaran €3, 2 juta per tahun saat bermain di New York.

Di luar lapangan, kekayaannya terus bertambah dengan menjadi bintang Puma dan ia jadi sosok penting saat mereka meluncurkan sepatu evoPOWER terbaru di 2014.

Henry juga mempromosikan Red Bull dan memiliki beberapa bisnis dan juga investasi. Properti yang ia miliki termasuk dengan sebuah rumah senilai €6,8 juta di Hampstead, London, dan apartemen mewah di New York senilai €11,1 juta.

9.Gianluigi Buffon

Kapten Italia Gianluigi Buffon memang tidak mengalami peningkatan drastis dalam performanya di 2013, tapi penilaian yang sama tak bisa dijatuhkan terhadap kondisi finansialnya.

Ia terus tampil stabil untuk Juventus sejak bergabung dari Parma dengan nilai transfer €50 juta pada 2001. Tahun lalu adalah tahun paling menjanjikan baginya, terutama dalam konteks ekonomi.

Buffon, yang sudah punya minat bisnis di luar lapangan, menambah investasi penting ke dalam daftar portofolionya dengan membeli 54 persen manufaktur pabrik Zucchi, atau menambah kepemilikannya 2 persen lebih banyak. Penjaga gawang Juve ini langsung mendapat dampak nyata setelah nilai perusahaan itu melonjak 107 persen.

Menurut media massa Italia, pemain 36 tahun itu menjadi lebih kaya €19,5 juta dalam rentang waktu dua bulan. Buffon terus mendapat pemasukan sebesar €4,5 juta per tahun sebagai kiper Juve dan sepertinya akan menambah pundi-pundi kekayaannya, baik di lapangan maupun luar lapangan, dengan memimpin Italia ke kejayaan di Piala Dunia Brasil musim panas ini.

Kontraknya dengan Juventus akan berakhir pada 2015. Pada titik itu biasanya klub akan menawarkan pemotongan gaji, tapi kecerdasan bisnis dan perjanjian sponsor yang masih berlaku, terutama dengan Puma, mengindikasikan ia masih akan menjadi pesepakbola terkaya untuk beberapa tahun ke depan.

8.Zlatan Ibrahimovic

Dia memiliki merek dagang dengan nama depannya, membeli sebuah pulau dengan 500 hektar area berburu, dan menjadi pemain sepakbola pertama yang merilis otobiografinya melalui aplikasi state-of-the-art. Bahkan di luar lapangan sepakbola, Zlatan Ibrahimovic berjalan dengan gayanya sendiri.

Pada saat banyak rekor yang pecah sepanjang 2013, pemain asal Swedia itu tetap menjadi pemain sepakbola termahal dalam sejarah berkat beberapa transfer mahal yang totalnya mencapai €169 juta. Dan dengan biaya perekrutan selalu masuk ke kantungnya, dalam aspek olahraga Ibrahimovic telah bekerja dengan baik secara finansial dan juga kariernya.

Meski dia akan absen di Piala Dunia 2014 setelah Swedia tumbang di babak play-off oleh Portugal, dia akan tetap menjadi salah satu pemain paling laris berkat kemampuan mencetak golnya yang tidak pernah padam. Ditambah dengan €15 juta dari gaji tahunan di Paris Saint-Germain, masih banyak aliran dana yang masuk ke kantung pemain berusia 32 tahun itu.

Selain rumahnya di ibukota Prancis, dia juga memiliki properti di Milan, New York, Stockholm, Malmo, dan tempat wisata ski di Swedia. Belum lagi ikatan sponsor dengan Nike yang membuatnya mendapatkan gaji tinggi per tahun. Baru-baru ini Ibrahimovic juga diluncurkan sebagai wajah dari Xbox One di Prancis dan Kantor Pos Swedia juga akan menerbitkan prangko bergambar wajahnya.

Ibrahimovic juga memiliki misi mulia dengan membantu komunitas tempanta tumbuh dewasa. Dia mendanai kompleks sepakbola di area Malmo, Rosengard. Dia juga mendonasikan seragam Nike kepada tim akademi tempatnya pernah bermain sebelum masuk ke dunia profesional bersama FBK Balkan.

7.Ronaldinho

Sejak memenangi Piala Dunia 2002, kekayaan Ronaldinho di dalam dan di luar lapangan terus bertambah.

Kehidupannya berubah satu tahun berselang saat hengkang dari Paris Saint-Germain ke Barcelona dengan banderol €30 juta dan kemudian di sana menjadi pemain terbaik di dunia dengan menggondol Ballon d’Or 2005.

Setelah banyak mendapatkan kucuran dana dari klub sponsor kuncinya, Nike, ia bergabung dengan AC Milan pada 2008 dengan banderol €22 juta dengan kontrak berdurasi tiga tahun yang bernilai €6,2 juta per tahun, ditambah kisaran €1,1 juta per musim dalam bentuk bonus.

Itu berarti saat dia kembali ke Brasil pada 2011, yaitu ke Flamengo, Ronaldinho telah menghabiskan delapan tahun sebagai salah satu pesepakbola dengan pendapatan paling tinggi di dunia.

Tetapi karier pemain berusia 33 tahun itu mulai menurun. Setelah kontraknya dengan Flamengo putus, dia hengkang ke Atletico Mineiro dan membawa mereka menjadi juara Copa Libertadores untuk pertama kali dalam sejarah klub. Dia dinobatkan menjadi pemain Amerika Selatan terbaik 2013 sebelum memperbarui kontraknya dengan nilai yang diyakini sebesar €2,7 juta per tahun.

Saat ini dia masih menjadi endorser Nike dan memiliki properti di Brasil, Yunani, Barcelona, Lake Como, dan Florida.

6.Neymar

Tak banyak yang percaya jika Neymar bisa berpenghasilan tinggi sebelum kepindahannya ke Barcelona di musim panas lalu, karena pada saat itu striker internasional Brasil cuma main di klub negaranya, Santos.

Ditopang sejumlah sponsor termasuk Nike, Panasonic, Heliar, VW, Claro, Santander, Guarana Antartica, Ambev, Red Bull, dan Unilever, pendapatan Neymar sebagai pemain Santos mencapai €20 juta per tahun.

Neymar kemudian hijrah ke Barca seharga €86,2 juta pada Juni 2013. Salah satu transfer paling kontroversial dalam sejarah memastikan Neymar sebagai salah satu pesepakbola terkaya di dunia.

Detail pembelian Neymar diumumkan melalui laman resmi Barcelona setelah klub menjadi sasaran penyelidikan penggelapan pajak. Pemain 22 tahun dibayar €10 juta dan diikat kontrak lima tahun dengan gaji tahunan €8,8 juta.

Selain itu, klub menegaskan ayah dan ibu Neymar, Neymar Senior dan Nadine, dibayar €40 juta sebagai “kompensasi” kesepakatan sebelumnya dengan perusahaan mereka, N&N.

Sebelumnya, belum ada penghasilan orang tua diperhitungkan dalam Rich List karena pendapatan mereka dianggap tidak begitu signifikan. Neymar dikenal dekat dengan orang tuanya dan mengingat pendapatan keluarga secara langsung didapat dari karier sepakbolanya, angka tersebut ikut dimasukkan.

Hak cipta global milik Neymar juga terbilang sangat besar dan di luar dari kesepakatan Barcelona. Mei 2013, dia mengumumkan kesepakatan dengan perusahaan investasi, Doyen Global, yang dijalankan penasihat David Beckham, Simon Oliveira, untuk mengeksploitasi hak-haknya di luar Brasil.

Neymar memiliki beberapa properti di Sao Paulo dan sebuah kapal pesiar seharga €5 juta.

5.Kaka

Bintang Brasil Kaka mengalami pasang surut sepanjang 2013. Dia mengakhiri empat tahun kebersamaan dengan Real Madrid, yang diganggu serangkaian cedera dan kehilangan penampilan terbaik, untuk kembali ke AC Milan, klub yang ditinggalkannya 2009 silam.

Dengan meninggalkan Santiago Bernabeu, Kaka mengorbankan dua tahun terakhir masa kontrak seharga €9 juta per tahun plus bonus.

Dia rela menerima pemotongan gaji dengan mendapatkan bayaran €4 juta bersama I Rossoneri dan bahkan bersedia tidak digaji setelah mendapat cedera pada pertandingan di Torino. Kaka enggan menerima bayaran lagi hingga benar-benar fit.

Kini, Kaka kembali merumput dan mulai menemukan performanya meski Milan tercecer di klasemen. Pemain 31 tahun itu pun terus menarik minat sponsor seluruh dunia.

Melalui kesepakatan komersial dengan adidas, EA Sports, dan Sony, dia tetap menjadi kekuatan pemasaran yang besar, sementara kerja sama modelling selama tujuh tahun dengan Armani mencerminkan citra bersih dan menarik.

Memiliki sejumlah apartemen mewah di Manhattan, New York, dan tambahan properti di Natal, Madrid, dan Milan, Kaka termasuk daftar pesepakbola yang melihat pasar perumahan sebagai investasi bijaksana. Meski mengalami penurunan gaji dengan kembali berkiprah di Italia, profil serta kekayaan secara keseluruhan terus meningkat.

4.Wayne Rooney

Wayne Rooney memperbaiki peringkatnya dalam Goal Rich List setelah menandatangani kontrak terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris dengan nilai sekitar €365 ribu per pekan untuk lima tahun ke depan bersama Manchester United.

Setidaknya, hingga usianya mencapai 33 tahun, pendapatan bersih striker Inggris itu mendekati €95 juta selama terikat kontrak.

Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dari kesepakatan terakhirnya, yang ditandatangani 2010 dengan nilai kurang lebih €300 ribu per pekan.

Menjadi kejutan tersendiri mengingat Rooney sebelumnya sempat dikabarkan akan meninggalkan Old Trafford setelah Sir Alex Ferguson pensiun.

Namun demikian, Rooney masih belum bisa mengungguli pendapatan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi dalam hal komersil. Coca Cola memutus kontraknya setelah ricuh rumah tangganya menyeruak dan dia tak lagi menjadi bintang sampul EA Sports FIFA.

Namun Rooney masih menjadi bagian dari kampanye pemasaran Nike dan Samsung, yang membuatnya mendapatkan pendapatan ekstra sekitar €4 juta.

Pemain 28 tahun itu juga menandatangani kesepakatan lima tahun dengan Harper Collins pada 2006 dengan nilai kontrak mencapai €6 juta.

3.Samuel Eto'o

Anzhi Makhachkala mungkin tak lagi menjadi salah satu klub kaya Eropa setelah pemilik mereka Suleyman Kerimov memutuskan untuk merestrukturisasi tim dan melakukan pemangkasan dana habis-habisan. Namun demikian, Samuel Eto'o mendapatkan keuntungan tersendiri selama dua musim memperkuat klub Rusia itu.

Pada 2011, striker Kamerun itu menjadi rekrutan bintang di era Kerimov dengan bayaran tertinggi mencapai €20 juta per tahun ditambah bonus.

Sebelumnya, pada 2009, Eto'o juga sudah mencuri perhatian dengan kekayaannya dengan membelikan semua anggota tim nasional Kamerun jam tangan senilai €33 ribu per buah setelah memastikan lolos ke Piala Dunia.

Namun, situasinya kini berbeda. Eto'o memang masih menjadi salah satu pemain dengan bayaran tertinggi, tapi tidak seperti sebelumnya.

Setelah klub Liga Primer Rusia itu hanya bisa menawarkan €7 juta per musim, Eto'o pun diizinkan hijrah ke Chelsea dan menandatangani kontrak semusim dengan nilai €5 juta. Namun, dengan enam bulan pertama ia masih mengantungi bayaran yang cukup besar dari Anzhi. Pendapatan Eto'o pun masih masuk kategori gemuk.

Eto'o juga masih menjalin kerja sama dengan Puma dengan nilai kesepakatan sebesar €5 juta per tahun dan kesepakatan lain dengan Ford dan label fesyen John Richmond.

Tapi Eto'o juga sosok yang doyan belanja barang mahal, terutama mobil mewah. Total ia menghabiskan €5 juta untuk mendapatkan Bugatti Veyron, dua Aston Martins, dan Maybach Xenatec.

2.Lionel Messi

Lionel Messi harus rela menyerahkan mahkota Ballon d’Or pada pesaing terbesarnya Cristiano Ronaldo. Sekarang, jika kita berbicara soal kekayaan, bintang Argentina itu pun kini juga berada tepat di belakang Ronaldo.

Kontrak baru Ronaldo bersama Real Madrid bahkan membayangi nilai perjanjian Messi dengan Barcelona, yang bernilai €15 juta per musim hingga 2018.

Nilai itu sejatinya bisa lebih tinggi dari Ronaldo menilik negosiasi La Pulga dengan presiden Barca terdahulu, Sandro Rossel, sebelum mengundurkan diri. Perjanjian peningkatan nilai kontrak rencananya bakal segera ditandatangani tahun ini.

Selain itu, pria berusia 26 tahun ini juga masih menikmati hubungan spesialnya dengan adidas yang bernilai setidaknya €2 juta per tahun. Messi didapuk adidas sebagai pemain kedua setelah David Beckham yang menggoreskan tanda tangannya pada seluruh produk resmi atas nama dirinya.

Bersama bintang NBA, Kobe Bryant, Messi jadi andalan untuk mempromosikan maskapai penerbangan Turkish Airline. Video game FIFA persembahan EA Sport, Samsung Galaxy 11, dan Gatorade tak mau ketinggalan mengontrak dirinya sebagai pengatrol penjualan produk.

Pesona Messi juga mengundang Gillete untuk menjadikannya model dalam produk “Inner Steel”, mengikuti jejak Tiger Woods, Thierry Henry, dan Roger Federer.

Berkatnya Messi kini tinggal menikmati properti mahalnya di Rosario, Argentina, dan rumah mewahnya di Barcelona bersama keluarga. Jika ingin jalan-jalan, Messi tinggal memilih Ferrari F430 atau Audi A8 yang siap membawanya ke mana pun.

1.Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo baru saja meraih Ballon d’Or dan menandatangani kontrak baru dengan Real Madrid, yang menahannya hingga 2018 dengan nilai mennyilaukan sebesar €105 juta!

Pemain asal Portugal itu kini menerima gaji sebesar €17 juta per musim dengan berbagai bonus dalam kontrak anyarnya.

Kekayaan Ronaldo berpotensi makin menjulang tatkala dirinya tampil sebagai pahlawan Portugal lolos ke Piala Dunia lewat torehan hat-trick di babak play-off kontra Swedia. Berkat hal itu Nike, yang kini membayar CR7 sebesar €6 juta per tahun, berniat meningkatkan nilai kontraknya jelang Brasil 2014.

Ya, salah satu apparel produk olahraga terbesar di dunia itu tentu tak ingin melepas pemain sekaliber Ronaldo mengingat kontraknya yang sudah berlangsung sejak 2010 bakal berakhir tahun ini.

Selain Nike, pesepakbola berusia 28 tahun itu juga masih menikmati kucuran uang dari berbagai sponsor macam Armani, Castrol Edge, Jacob & Co, Herbalife, Banco Espirito Santo, hingga KFC.

Pada 2013 lalu Ronaldo meluncurkan label pakaiannya sendiri yang diberi nama CR7. Butik resminya ada di tanah kelahirannya di Medeira, Portugal. Selain itu ia juga sudah membuka museum tentang dirinya sendiri.

Gelimang harta yang dimiliki Ronaldo kini bisa dilihat dari berbagai properti mewahnya di Madrid, Lisbon, dan Madeira. Menilik garasi mobilnya, mantan pujaan Manchester United itu mengoleksi Lamborghini Aventador dan Bugatti Veyron.

For sambel : http://www.kaskus.co.id/thread/531da045118b46677b8b45a3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar